KONSULTASI PUBLIK TERKAIT PROYEK STRATEGIS JL LINTAS KORIDOR UTARA ANTARA KADUDAMPIT SUKALARANG

 
Sukabumi-banyakberita.com-Dalam rangka menjalankan Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Dede Rukaya KADIS PU  beserta Deny Alam, selaku Kepala Bidang Tata Lingkungan Hidup, menggelar konsultasi publik di Aula Kantor Desa Perbawati, Kecamatan Sukabumi, Jawa Barat. Acara ini diadakan pada Jumat (6/9/2024)

 Acara  melibatkan tokoh masyarakat, unsur kepemudaan, dan perwakilan dari beberapa desa di dua kecamatan.

Konsultasi publik tersebut turut dihadiri oleh Camat Sukabumi, Camat Kadudampit, serta unsur TNI-Polri, dalam rangka membahas rencana pengerjaan proyek strategis Jalan Lintas Koridor Utara yang akan menghubungkan Kadudampit hingga Sukalarang, Sukabumi.

Dede Rukaya, dalam pemaparannya, menyampaikan bahwa proyek ini telah direncanakan sejak tahun 2018 oleh Bupati Sukabumi. Proyek strategis ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Yang targetnya pada tahun 2026, Kadudampit dan Pondok Halimun menjadi kawasan agrobisnis dan pariwisata, yang akan menarik wisatawan serta mempermudah akses para petani dalam mengangkut hasil bumi.

 Penyusunan Analisis  Dampak Lingkungan (AMDAL), ini sangat penting yang bertujuan untuk mempertimbangkan dan memitigasi dampak negatif dari pengerjaan proyek ini," kata Dede Rukaya.

Konsultasi publik ini dilakukan sebagai bentuk transparansi dan partisipasi masyarakat, di mana aspirasi dan masukan dari masyarakat serta pemerintah setempat, seperti kepala desa dan camat, sangat dibutuhkan. Dede menegaskan bahwa jika proses penyusunan AMDAL berjalan sesuai harapan, izin AMDAL akan keluar dalam waktu tiga bulan, sehingga target pengerjaan proyek bisa dimulai dan pada tahun 2026 harapannya target bisa tercapai 

Dede juga menambahkan, selama proses penyusunan AMDAL berlangsung, masyarakat dari berbagai lapisan dapat terus menyampaikan aspirasi dan masukannya kepada perwakilan di setiap wilayah, agar pembangunan ini tidak menimbulkan kerugian bagi masyarakat.

Dalam sesi tanya jawab, beberapa masyarakat mengungkapkan kekhawatiran mereka terkait dampak negatif dari proyek ini, sementara sebagian lainnya memberikan apresiasi, dengan catatan agar masyarakat dilibatkan dalam setiap prosesnya.

Proyek Jalan Lintas Koridor Utara ini diharapkan dapat menjadi langkah besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Sukabumi dan sekitarnya, namun tetap dengan memperhatikan aspek lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

Indra/bssa

Posting Komentar

0 Komentar

Tedbree Logo
BBCdotNews Biasanya membalas dalam 15 Menit
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Kirim